Budaya yang Harus dimiliki Seorang Programmer

Hallo pembaca setia blog adiyudana.com kali ini saya mau share sedikit pengetahuan mengenai Programmer. Ketika kalian mendengar kata programmer pasti kalian langsung berfikir mengenai kode-kode rumit yang ada di layar komputer, selalu berada di depan komputer dan lain sebagainya. Semua itu tidak salah, untuk jadi programmer kita harus mampu memahami apa sebenarnya tujuan programmer dan apa saja budaya yang harus dimiliki oleh seorang programmer.
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai Budaya apa saja yang harus dimiliki oleh seorang Programmer. Silahkan kalian baca dengan seksama artikel ini sampai dengan selesai

Budaya seorang Programmer:


Computre Culture ( Budaya Berkomputer)


Seorang programmer pastinya tidak lepas dengan yang namanya Komputer, apabila kita ingin menjadi seorang programmer kita harus terbiasa interaksi dengan komputer. Hal inilah salah satu aspek penting untuk menjadikan diri kita sebagai Programmer yang handal. Rata-rata programmer meluangkan waktunyta lebih dari 12 jam sehari berada di depan komputer, hal ini bertujuan agar kita terbisa berada di depan komputer dan kita dapat mengerjakan program-program dengan baik. Karena hampir semua pekerjaan yang dilakukan oleh seorang Programmer menggunakan komputer, maka hal ini sangat penting yaitu Computer Culture.


Long Life Learning ( Belajar Terus Menerus)


Sebagai seorang programmer kita harus memiliki budaya terus belajar, kenapa budaya ini harus ditanamkan apabila hendak menjadi seorang programmer, karena menjadi seorang programmer kita harus mengikuti pesatnya perkembangan zaman dan teknologi. Sekalipun seorang programmer itu sudah profesional, budaya terus belajar ini harus ditanamkan karena apabila kita tidak belajar untuk mengikuti pengkembagan dunia teknologi maka kita akan dianggap sebagai Programmer yang jadul dan akan kalah dengan programmer-programmer yang baru muncul. Jadi budaya Long Life Learning harus ditanamkan apabila hendak mendai seorang Programmer.


Selft Teaching ( Belajar Mandiri)


Seorang programmer dituntut untuk mampu memehami kode-kode program dengan baik, untuk dapat melakukan hal tersebut pastinya seorang programmer harus banyak belajar. Sebagai seorang programmer kitya harus banyak melakukan eksplorasi sendiri dengan kata lain kita harus belajr dari berbagai guru. Hal ini lah yang membuat programmer harus lebih menanamkan budaya belajar secara mandiri dari berbagai sumber. Meskipun kita mendapatkan pendidikan atau mengikuti kursus programming kita masih harus tetap belajar secara mandiri untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan kita seputar programming. Jadi Selft Teaching merupakan budaya ketiga yang harus dimiliki oleh seorang Programmer untuk menjadi programmer yang handal.


Trial and error


Budaya yang ke empat yang harus dimiliki oleh seorang programmer yaitu harus berani mencoba dan gagal ( Trial and error). Kenapa seorang programmer harus terbiasa dengan budaya ini yaitu karena setiap programmer pasti tidak selalu berhasil menyelesaikan sebuah program dengan baik, nah proses trial and error inilah proses yang paling berpengaruh karena setiah menghadapi kegagalan dalam menyelesaikan sebuah program pastinya harus menemukan solusi untuk memperbaikinya agar berhasil. Proses Trial and error inilah yang menjadi proses terpenting agar seorang programmer berhasil menjadi seseorang yang handal.


Jadi itulah sedikit penjelasan singkat dari saya mengenai budaya yang harus apabila kita ingin menjadi programmer yang handal. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi saya saat berusaha menjadi seorang programmer yang handal.
Semoga artikel ini bermanfaat dan dapan menjadi pengetahuan kalian yang hendak menjadi seorang programmer. Jika menurut kalian ada budaya-budaya lain yang harus dimiliki oleh seorang programmer silahkan kalian tulis di kolom komentar. Jangan lupa baca postingan adiyudana.com lainya.
Terima Kasih

Semua Postingan pada Situs www.adiyudana.com merupakan artikel yang dibuat bertujuan untuk memberikan pengetahuan lebih terhadap pembaca situs ini. Ketika kalian mampir ke situs blog www.adiyudana.com jangan lupa untuk meningalkan jejak pada komentar.

"keep learning and keep up the spirit"