Tips Optimasi Blog Persiapan untuk Daftar Adsense

Hallo pembaca blog adiyudana.com kali ini saya akan memberikan sebuah artikel mengenai dunia blogging nih dimana kita akan membahas mengenai SEO. Materi yang akan dibahas kali ini yaitu "OPTIMASI BLOG UNTUK PERSIAPAN DAFTAR ADSENSE". Hal yang pertama yang harus kalian tahu bahwa google adsense itu terdapat 2 jenis,yaitu Google Adsense Hosted dan Non-hosted.

Apasih ka perbedaanya?

Hosted : adsense jenis ini bisa kita dapatkan jika kita daftar menggunakan blogspot, dan ads jenis ini tidak bisa tayang di domain lain.

Non-Hosted : adsense jenis ini kita dapatkan jika mendaftar menggunakan domain TLD (Top Level Domain), jenis ads ini support tayang di domain mana saja


Oke kita lanjut ke intinya karena saya tidak mau panjang lebar. Berikut beberapa pertanyaan yang sering saya dapatkan dari temen-temen.


Blog yang masih baru bisa daftar? bisa, terkecuali kalo menggunakan blogspot ya.

Artikelnya copas bisa ga? bisa, saya pernah mempraktikan menggunakan artikel full copas semuanya menggunakan artikel generator.

Perlukah SEO? sedikit saja gan, nanti kita akan bahas lanjut di bawah ya.

Udah seo, artikel ga copas, dll kok masih di tolak juga ya gan? Saya rasa itu bukan kesalahan temen-temen dalam melakukan optimasi tersebut.


Baca Juga: Budaya yang Harus dimiliki Seorang Programmer


Tapi ada sedikit yang harus diperhatikan dalam melakukan pendaftarannya, oke tapi kita tidak akan bahas masalah itu dulu.

Jadi optimasi blog yang saya maksud itu seperti apa sih? Optimasi yang akan saya share itu simpel ya temen-temen ga muluk-muluk :D

1. Struktur Blog

Hal yang harus diperhatikan pertama kali yaitu struktur blog. Buatlah navigasi yang mudah dijangkau, misal dalam kategori tekno di dalamnya ada pembahasan apa saja, dan seeterusnya.

2. Konten Blog

Meganapa sering menerima email penolakan? studi kasus, waktu itu blog saya terdapat 1 konten yang copyright dan saya coba daftar adsense, beberapa jam kemudian saya dapat email penolakan. Kemudian saya hapus artikel tersebut, tetew... esok harinya sudah diterima. Jadi saya sarankan gunakan gambar yang no copyright misalnya di pixabay, freepik, dll. Oiya untuk artikel saya biasa menggunakan 10 saja, ya masing-masing 200-400 kata (bukan berarti temen-temen harus ikutan ya, keep write with your fashion).

3. Seo

Ini sangat penting bagi blognya yang masih baru. Jika akan mendaftar adsense, coba check terlebih dahulu apakah artikelnya sudah terindex google? kalo sudah aman.

Oke simpel aja untuk SEO nya, saya hanya menggunakan submit artikel saja ke google webmaster. Untuk sampai bisa daftar adsense kalian harus cek bahwa artikel yang ada di blognya sudah terindex.

4. Template

Saya rasa template juga ada pengaruhnya untuk kelangsungan pendaftaran adsense, saran saya gunakan template yang ringan contoh yang paling sering digunakan adalah Viomags dan EvoMagz

Oke next, yang saya maksud itu ringan ramah search engine maksudnya. sebisa mungkin bikin sesimpel mungkin tampilannya, kalo saya sih biasa menggunakan 2 kolom.. dan navigasinya terlihat dengan jelas.


Baca Juga: Kumpulan Situs-Situs yang Dapat Membatu Skripsimu


Oke temen-temen, saya rasa saya akan menyambung kelanjutannya lagi nanti karena masih banyak penjelasannya:D

Oiya mohon dikoreksi juga ya, jika ada yang salah atau keliru karena disini juga kita sama-sama belajar. Oiya yang perlu temen-temen tahu, saya membagikan ini berdasarkan pengalaman studi kasus, karena dulu saya sering di tolak adsense tak terhingga jumlahnya:D

Semoga artikel ini bermanfaat jangan lupa baca postingan-postingan dari adiyudana.com lainnya.
Terima Kasih

Semua Postingan pada Situs www.adiyudana.com merupakan artikel yang dibuat bertujuan untuk memberikan pengetahuan lebih terhadap pembaca situs ini. Ketika kalian mampir ke situs blog www.adiyudana.com jangan lupa untuk meningalkan jejak pada komentar.

"keep learning and keep up the spirit"